1.820.3345.33 Contact@TravelTourWP.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
1.820.3345.33 Contact@TravelTourWP.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Tata Cara Pelaksanaan Umroh

Tata Cara Umroh Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap & Bacaan Do’anya

Tata Cara Umroh, Alhamdulillah Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai Tata Cara Panduan Manasik Umroh Bagi Pria & Wanita Yang Benar Sesuai Sunnah Disertai Gambar, Bacaan Do’a Dari Awal sampai Akhir Pelaksanaan Umroh.

Ibadah Umroh merupakan ibadah yang pelaksanaannya di lakukan di Tanah Suci Makkah saja tepatnya di dalam Masjidil Haram. Dimulai dari 1. Berniat Umroh di tempat Miqat, 2. Tawaf(mengelilingi Kabah 7 putaran), 3. Sa’i (7 kali bolak balik Sofa Marwah) dan diakhiri dengan 4. Tahallul (menggunting sebagian rambut), setelah gunting rambut rangkaian ibadah umroh selesai, ibadah umroh ini dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

Pada hari selanjutnya dilaksanakan ibadah umroh ke 2, biasanya pada umroh ke 2 ini ada yang dinamakan Umroh Badal yakni umroh untuk orang yang sudah meninggal. Dan tata cara umrohnya hampir sama, hanya saja diniatkan untuk orang yang akan kita badalkan. Contoh niat dalam bahasa Indonesia seperti :”Saya berniat membadalkan umroh untuk Fulan bin Fulan Lillahita’aala”. (Syarat untuk bisa melaksanakan umroh badal ini adalah yang mengumrohbadalkan harus sudah pernah berumroh).

Dalam pelaksanaan ibadah umroh, sebetulnya tidak ada bacaan khusus mengenai ini, dan setiap orang boleh melafalkan doa doa yang diketahui atau sesuai dengan hajat masing masing, tapi ada beberapa do’a yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam seperti ketika berada di antara Rukun Yamani dan Hajarul Aswad membaca doa,”Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaabannaar.”

Berikut dibawah ini penjelasan mengenai Rangkaian Tata Cara Ibadah Umroh yang Benar bagi Wanita ataupun Pria sesuai dengan Sunnah :

Sebelum membahas mengenai Tata Cara Umroh, kita harus mengetahui apa saja Syarat, Rukun & Wajib Umroh.

Syarat Umroh

1. Islam
2. Baligh (dewasa)
3. Berakal
4. Merdeka
5. Mampu (istitha’ah)

Rukun Umroh

1. Niat Ihram (berniat memulai umroh)
2. Tawaf (mengelilingi Kabah 7 putaran)
3. Sa’i (bolak balik Sofa Marwah 7 kali)
4. Tahallul (menggunting seluruh/sebagian rambut)
5. Tertib (mendahulukan yang awal mengakhirkan yang akhir, tumaninah)

Wajib Umroh

1. Niat Ihram di Miqat
2. Meninggalkan larangan selama Ihram

Tata Cara Umroh Yang Benar Dari Awal Sampai Akhir

1. Niat Umroh

Jamaah umroh dari Indonesia dengan pesawat yang mendarat di Jeddah niat umroh dilakukan dalam pesawat. Sekitar 1 jam sebelum sampai Yalamlam khususnya bagi jamaah laki-laki mengganti pakaian dengan kain ihrom dan ketika pesawat ada diatas daerah Yalamlam (dalam monitor pesawat akan diberitahu kalau pesawat sedang melewati Yalamlam bagi yang mau umroh disegerakan berniat) dengan mengucapkan “Labbaik Allahumma ‘Umrotan” dan setelah Anda mengucapkan niat ini maka berlakulah Larangan Ihrom.

Bagi Anda yang mau menunaikan niatnya di Bandara diperbolehkan sesuai dengan Fatwa MUIyang telah dikeluarkan bahwa Miqot Umroh bisa dilakukan di Bandara Jeddah. Penjelasannya bisa dilihat disini RumahFiqih.com

Jamaah umroh dari Indonesia dengan pesawat yang mendarat di Medinah niat umroh dilakukan di Masjid Miqot Bir Ali / Dzulhulaifah. (Tergantung Program Perjalanan dari Travel yang bersama Anda).

Dalam bus perjalanan menuju Masjidil Haram dianjurkan untuk memperbanyak membaca Talbiyah Dzikir dan Sholawat.

2. Tawaf Mengelilingi Kabah 7 Putaran

Setelah berniat umroh rangkaian ibadah umroh selanjutnya adalah melakukan Tawaf (mengelilingi Kabah sebanyak 7 Putaran) berawal dari sejajar Hajar Aswad atau Anda bisa melihat Lampu Hijau diatas Masjidil Haram dan berakhir di Hajar Aswad lagi.

3. Sa’i Shafa Marwah

Setelah Tawaf selesai dilanjutkan dengan Sa’i. Sa’i adalah berlari kecil diantara bukit Shafa dan Marwah. Sa’i berawal di Shafa berakhir di Marwah dengan hitungan dari Shafa ke Marwah 1 kali dari Marwah ke Shafa 2 kali dan seterusnya sampai 7 kali. Jarak dari Shafa ke Marwah sekitar 450 meteran jadi Anda menempuh jarak 450 meter x 7 = 3,15 kilometer.

4. Tahallul Menggunting Seluruh/Sebagian Rambut

Setelah melaksanakan Sa’i Anda mengakhiri rangkaian ibadah umroh dengan Tahallul yaitu ditandai dengan menggunting rambut. Bagi Anda yang mau mencukur rambut sampai habis,biasanya banyak tukang cukur disana yang menawarkan jasanya untuk mencukur rambut Anda sampai plontos dengan biaya 10 – 15 real atau sekitar Rp. 37.000.

5. Tertib

Alhamdulillah semua rangkaian umroh telah selesai. Dengan ditandai diguntingnya rambut maka Tata Cara Umroh dari Awal sampai Akhir telah dilaksanakan.

Jadi kesimpulannya ibadah umroh itu tidaklah serumit yang dibayangkan. Sama seperti sholat yang biasa kita lakukan. Jika dalam ibadah sholat adalah dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam, ibadah umroh adalah dimulai dengan niat diakhiri dengan tahallul.

Leave a Reply

Text Widget

Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.